Curug Malela, Niagara Mini

Curug MalelaBanyak kalangan menyebutkan bahwa Curug Malela mirip dengan Niagara di Ontario, Canada. Memang ukuran Malela ini jauh lebih kecil dengan debit air yang juga jauh lebih sedikit. Namun, dilihat dari strukturnya bahwa Curug Malela ini memang layak dijuluki Niagara Mini.

Curug Malela yang dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela, terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati, mengalir melalui Sungai Cidadap – Gununghalu.

Curug Malela ini memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dan mempunyai lima buah jalur air terjun yang seakan-akan mengingatkan kita kepada yang maha pencipta agar tidak melupakan shalat 5 (lima) waktu. Jika debit air sedang deras maka akan terlihat kemegahannya yang mempesona, bahkan kalau dilihat dari kejauhan terkesan seperti benang-benang sutra halus. Disebelah kanan terlihat sebuah tebing yang cukup tinggi berwarna putih yang mengarah ke bawah. Ada kemungkinan bahwa dulunya dinding ini juga sebuah air terjun. Jika memang demikian, dapat dibayangkan betapa indah dan megahnya Curug Malela ini. Sebuah surga tersembunyi yang nyaris terisolir dari peradaban dan bagaikan harta karun yang belum digarap secara optimal.
Curug Malela memang belum populer untuk saat ini, bahkan masyarakat bandung dan sekitarnya pun masih banyak yang belum kenal dengan si Niagara Mini ini. Namun, itu bisa dimaklumi, kurang populernya Curug Malela sebagai daerah wisata disebabkan karena daerah ini masih sangat sulit dijangkau, cukup terisolir dari dunia luar. Belum lagi dengan kondisi medan yang begitu berat membuat Curug Malela sulit dijadikan salah satu tujuan wisata keluarga. Namun, jika Anda hobi berpetualang akan mendapatkan kepuasan tersendiri dengan menelusuri sebuah lembah yang ditutupi hutan berbukit-bukit, seakan-akan menelusuri surga yang tersembunyi. Begitu indah namun cukup sulit untuk dijangkau.

Sebenarnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) sendiri pada tahun 2010 telah mencanangkan untuk menggarap potensi wisata di wilayah selatan KBB (selain  Lembang dkk., sebagai wilayah utara KBB) yang tentunya harus diawali dulu dengan memperbaiki dan/atau menyediakan akses jalan yang memadai karena bagian terpenting dari tempat wisata ialah mudah dikunjungi.

Menurut Ketua Pemuda Pariwisata Curug Malela, Unang Supardi: Keindahan Curug Malela ini tidak berdiri sendiri. Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air terjun bertingkat sepanjang 1 kilometer. Urutannya adalah: Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan ditutup dengan Curug Pamengpeuk. Semua terletak di Desa Cicadas.
Setiap air terjun memiliki kekhasannya tersendiri. Curug Malela memiliki air terjun yang terpisah saat jatuh. Curug Katumiri pada pukul 8.00-9.00 bisa memperlihatkan pelangi di badan air terjun. Curug Ngeubul, air yang jatuh berkumpul (kebalikan dari Curug Malela) sehingga menimbulkan efek kabut dan suara yang menggelegar.
Curug Manglid memiliki goa di belakang air terjunnya. Curug Sumpel memiliki daerah di bawah air terjun yang lebar. Curug Palisir mirip Curug Malela dengan ketinggian yang lebih rendah. Terakhir, Curug Pameungpeuk, yaitu muara air terjun antara Sungai Cidadap dan Cisoka yang terletak tidak jauh dari air terjunnya.

Akses menuju Curug Malela dengan kendaraan umum sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Kebanyakan yang datang memulai perjalanan dari kota Bandung, meskipun bisa juga melalui jalur Sukabumi atau Cianjur. Di bawah ini sedikit panduan untuk menuju lokasi (rute) Curug Malela:

  1. Dari terminal Ciroyom, Bandung: Naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya yang ditempuh dalam waktu sekitar 3 hingga 4 jam.
  2. Dari terminal Leuwi Panjang, Bandung: naik angkot jurusan Cimahi atau Cililin, dari Cililin lanjutkan dengan Angkot jurusan Gununghalu (turun di depan mini market alfamart – gununghalu) kemudian naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya. Atau langsung saja dari Cililin naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya.
  3. Dari Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat: naik angkot jurusan Cimahi, turun di Cimareme dan lanjutkan naik angkot jurusan Cililin atau langsung saja dari Cimareme naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya.
  4. Dari terminal Cileunyi, Kabupaten Bandung: Naik Bis Jurusan Cileunyi – Cililin kemudian dari Cililin lanjutkan dengan naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya.

Dari terminal Bunijaya, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Desa Cicadas atau jika Anda ingin mengirit pengeluaran atau yang suka berpetualang, silahkan berjalan kaki dengan jarak sekitar 12 km. Setelah itu lanjutkan perjalanan melintasi bukit-bukit, hutan dan sawah sekitar 3 hingga 4 km. Dan bagi yang belum tau lokasi, jangan khawatir sebab begitu tiba di Desa Cicadas, sudah ada warga setempat yang bersedia memandu Anda menuju ke lokasi air terjun.Dalam perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan perkebunan teh yang dikelola oleh PTPN VIII Montaya saat melewati Kecamatan Gununghalu – Rongga.


http://www.ramdhan.co.cc

About these ads

, , , ,

  1. #1 by ino on 6 April 2011 - 00:38

    assllmkum..
    maaf aa’ saya mau tanya, kalo bayar pemandu jalan, berapa aa’ ??
    trus.. kalo saya buka tenda, biaya untuk sewa permalam berapa aa’ ??
    saya sekali pun belum pernah kesana !!
    makasih aa’ ,,

  2. #2 by huri5618 on 20 Juli 2011 - 23:41

    Thank bro infonya…

  3. #4 by divie januar on 6 Agustus 2011 - 11:37

    hay saya oranq gunung halu..klo mau berteman add on fb n tw!ter.
    Fb.. Diviez el classico jr.
    twet@9013109
    .
    Jujur aku blum prnh ke marela..hehe…

  4. #6 by asep mulyana on 6 Agustus 2011 - 11:46

    asalamuala¡kum….
    bagi yang mau ke curug malera b¡sa meng hubun9¡ Saya d¡ No. 081809811074

    untk jasa oje9 dan penunjuk jalan.

    Tau b¡sa men9 ADD sya d¡ Fb. Asep mulyana ofrex.

  5. #8 by tralalalala on 14 Agustus 2011 - 08:48

    saya pernah kesana bersama teman-teman sebelum tmpat itu terjama sekarang!! pemandangannya subhanallah…..

    menempuh jalan kaki 4 km ditambah 4 km lgi buat sampai di bawah!!!

  6. #9 by rusliadi on 21 Agustus 2011 - 14:42

    Kalo dari arah cianjur atau sukabumi, kira2 jalurnya lewat mana aja ? Apa bisa di tempuh pake sepeda gunung ? Mohon penjelasannya

    • #10 by alampriangan on 22 Agustus 2011 - 11:02

      wah kl dari arah sana , maaf sy belum tahu….:)

  7. #11 by Alan Sarluv on 29 Agustus 2011 - 19:28

    Bro gue minta ijin ngopi info n foto2nya ke blog gue yah ???
    bulan depan gue mau kesana …
    sesudah dari sana baru gue pake catatan perjalanan n foto2 gue sendiri …

  8. #13 by saya adalah aku on 11 September 2011 - 15:12

    kalo bawa motor ada tempat parkir ga ?? Trims..

    • #14 by alampriangan on 12 September 2011 - 08:29

      Motor parkir jauh dari lokasi, paling ya titp di warga supaya aman…

  9. #15 by detriezna on 18 September 2011 - 21:49

    sory kawand untuk akses ke lokasi nya gmn? Klo bawa mobil gmn? Thanx untuk infonya. Kyanya buat foto praweding bagus tuch.

    • #16 by alampriangan on 19 September 2011 - 10:39

      kl bawa mobil, kl bisa mobil yg bisa utk off road, karena jalannya kurang bagus, trus harus jalan kaki lagi…, thank ya kunjungannya

  10. #17 by irfan moch s on 7 Oktober 2011 - 14:03

    saya tidak setuju kalo curug malela di jadikan tempat wisata,..
    saya tidak mau tempat sebegitu INDAH “malela”, di kotori oleh orang orang yg tidak bertanggung jawab…
    malela is the best…

  11. #18 by jefri319 on 19 Oktober 2011 - 08:17

    Thanks kang inpona, kapan2 mampir kesana InsyAllah. Kira2 paling bagus kapan kita berkunjung kesana?kalo sekarang masih kecil mungkin debit airnya. trims

    • #19 by alampriangan on 21 Oktober 2011 - 10:36

      @jefri319 : kapan aja bisa, asal jangan musim hujan…karena seperti di foto, medannya off road, blom lagi harus jalan kaki menuju lokasi..

  12. #20 by natalia on 21 Oktober 2011 - 10:15

    Thanks banget infonya, two thumbs up. Owya, kalo kesana enaknya bulan berapa y?

    • #21 by alampriangan on 21 Oktober 2011 - 10:37

      Natalia : kapan aja , asal jangan musim hujan…karena seperti di foto, medannya off road, blom lagi harus jalan kaki menuju lokasi..

  13. #22 by herry on 24 Oktober 2011 - 16:09

    kalo dari bogor naik kendaraan umum, gimana ya caranya ke lokasi tsb?

    • #23 by alampriangan on 24 Oktober 2011 - 16:35

      agak ribet kalau pake trans umum : dari Bogor smp di bandung lanjut ke terminal Ciroyom trus pake elf ke Gununghalu dan Bunijaya, sambung naik angkot (armada sedikit) ke Rongga, dari Rongga naik ojek kira2 bs smp 50.000an ke Cicadas, dari situ jalan kaki turun naik bukit kurang lebih 2 km. tp kl banyakan coba hub lumbung adventure.

  14. #24 by subarna on 12 Desember 2011 - 11:12

    sangat menarik hati…rencana kita mau touring motor ke sana tgl 15jan 2012

  15. #25 by subarna on 13 Desember 2011 - 00:49

    kank…kalau pake mobil off road…brp harga sewanya…,rencana kita mao kesan sekitar 9 orang…kita touring dari serang …,sama jasa pemandunya brp….mohon infonya…:))

  16. #26 by rullz ichinose on 1 Januari 2012 - 17:19

    pertama liat liputannya di tv, subhanalloh bagus bgt dan pengen kesana;’))

  17. #27 by satubumikita adventure on 26 Januari 2012 - 17:45

    Kren tulisannnya..
    Rencananya tgl 19 februari kami akan mengadakan acara (backpaker) ke curug malela , start dari bandung Patung Husen di simpang jalan pajajaran dan abdurahaman shaleh..biaya hanya 47.500 untuk sewa truk. info cek di Fb kami satubumikita..Nuhun

  18. #28 by stephanus Christiono on 5 Juli 2012 - 12:01

    Wah jadi pengen kesana… Thanks ya infonya…
    Salam kenal…

  19. #30 by jawzy on 15 Juli 2012 - 18:00

    waduh brow “kaduhung” uy ga nyampe kburu lama di jalan.. ma’lum bareng sama kaum sesepuh,heheh… baru aj ane nyampe rumah pulang dari sana, trus liat blog ini pngen tau kaya gmna sii ci “curug” teh… asli kaduhung uy brow ga nyampe!!!!!
    next time, I’ll be there, camkan itu,heheh.. thanx brow atas info’nya…

  20. #31 by chandraputri on 15 Juni 2013 - 22:55

    wah saya baru pertama kali nih kesini, aksesnya ih waw pisan kang, tapi semuanya terbayar sama pesona lima jalur dari curug ini
    salam,
    chandra

  1. Pesona Curug Malela: Surga Tersembunyi di Bandung Barat | CHANDRA CA

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: