Taman Wisata Alam Talaga Bodas (Garut)

Taman Wisata Alam ( KWA ) Talaga Bodas merupakan taman wisata alam berupa wisata alam kawah dengan daya tarik berupa kawah yang membentuk sebuah danau dengan air berwarna putih. TWATalaga Bodas terletak di Desa Sukamenak kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut – Jawa Barat dan merupakan perbatasan antara Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmal;aya. Kawasan TWA ini dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan. TWA Talaga Bodas dikelola berdasarkan aspek legalitas berupa SK Mentri No : 98 / KPTS / UM / 1978. Kawasan TWA Kawah Talaga Bodas memiliki luas kawasan sebesar 23,85 ha dan memiliki batas-batas administrasi kawasan sebagai berikut:
Utara        :  Desa Sukaurip
Barat        :  Desa Sindang Mekar
Selatan    :  Desa Tenjo Nagara
Timur       :  Desa Tenjo Nagara
Kawasan TWA Kawah Talaga Bodas berada di jarak 8 km dari Ibu kota kecamatan; Wanaraja, 20 km dari kota Garut, dan 83 km dari Ibu kota Provinsi; Bandung. Sedangkan jarak lokasi kawah ke terminal Guntur – Garut sebesar 20 km. kawah Talaga Bodas berada di ketinggian 1512 m diatas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukit dan kemiringan lahan yang curam. Untuk stabilitas tanah dan daya serap air, kawasan Talaga Bodas memiliki tingkat kestabilan dan daya resap tanah yang sedang. Jenis material tanah yang dimiliki kawasan ini adalah tanah cadas berbatu dengan Jalur jalan setapak yang cukup sulit untuk dilewati. Selain jalan setapak, aksesibilitas ke tempat ini juga terdapat jalur jalan raya yang memilki kondisi cukup dengan kelas jalan kecamatan yang mempunyai lebar 6 m dan jalan akses yang memiliki lebar ½ m dengan kondisi yang kurang (sulit untuk dilewati oleh kendaraan).
Daerah Kawah Talaga Bodas memiliki temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius per tahun, dengan curah hujan 1321 mm / tahun serta penyinaran matahari yang sedang. Dan flora dominan kawasan sekitar Kawah Talaga Bodas berupa tanaman kebun seperti ; tomat, kol dan rumput ilalang.Kondisi lingkungan Kawah Talaga Bodas cukup baik dengan kebersihan dan bentang alam yang tergolong baik. Kondisi lingkungan yang baik tersebut didukung dengan tidak terdapatnya pencemaran air, tanah, udara dan sampah, hanya saja masih terdapat vandalisme yang dilakukan oleh pengunjung di lokasi Kawah Talaga Bodas khususnya di shelter yang berada di dalam kawasan. Untuk sarana dan ketersediaan fasilitas pendukung pariwisata di kawasan ini, dapat dikatakan sangat minim. Di dalam lokasi hanya terdapat 2 (dua) buah shelter dengan kondisi yang kurang layak dan satu buah pos masuk / pintu masuk dengan kondisi yang kurang memadai dan sudah tidak dioperasian lagi.
Untuk mencapai ke lokasi TWA Kawah Talaga Bodas dapat menggunakan alat transportasi yang melewati jalan akses berupa angkutan kota dengan trayek : Garut-Cibatu, Garut-Cikelet, Terminal Guntur-Sukawening, dan jalur Terminal Guntur-Perumnas Cempaka Indah. Atau dapat juga mempergunakan alat transportasi tradisional berupa delman dan ojeg di ujung masuk jalan akses. Para pengunjung pada umumnya mencapai lokasi dengan membawa kendaraan roda dua (motor), dan mereka biasanya melakukan aktivitas wisata berupa tracking, hiking, fotografi, piknik, atau sekedar jalan-jalan dan refreshing saja. Pengunjung yang datang rata-rata berasal dari daerah tasikmalaya, Jakarta, Bandung dan sekitarnya.

 

http://disparbud.jabarprov.go.id/

About these ads

, ,

  1. #1 by Hotel on 25 Agustus 2013 - 16:26

    Artikel yang menarik dan bermanfaat semoga Wisata di Garut bisa mengikuti kepopuleran kota Bandung sehingga bukan hanya Hotel di Bandung yang laku akan tetapi Hotel di Garut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: