Curug Tujuh ( Ciamis )

Legenda

Terbentuknya curug tujuh menurut keterangan bahwa jaman dahulu kala, di wilayah Curug Tujuh ini ada seorang penguasa atau raja, yang pada suatu waktu merasa sangat prihatin melihatkeadaan diwilayahnya akibat kemarau panjang. Air tidak ada dan tanah kering kerontang sehingga rakyatnya dirundung malang berkepanjangan.

Sang raja kemudian bertapa untuk memohon supaya diturunkan hujan agar keadaan negerinya pulih sepertisedia kala. Namun usahanya itu tidak mendapatkan jawaban dari penguasa alam, hal ini membuat sang raja sedih dan kesedihannya itu membuat raja menangis. Saat itu keajaiban terjadi, air mata raja perlahan berubah menjadi genangan air jernih dan semakin membesar sehingga membentuk aliran air  yang akhirnya terpecah dan jatuh di tujuh buah tebing.

Panorama alam yang indah dan suasana hutan alam menjadi daya  tarik wana  wisata Curug Tujuh, dimana objek wisata ini berada di kiri kanan bukit gunung Ciparang dan Cibolang yang merupakan bagian dari Gunung Sawal.

Luas Wana Wisata Curug Tujuh 20 Ha terletak di kawasan hutan RPH Panjalu BKPH Ciamis KPH Ciamis yang menurut administrasi pemerintah termasuk Desa Sanding Taman Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Objek wisata ini terletak pada ketinggian sekitar 800-900 di atas permukaan laut dengan konfigurasi lapangan bergunung, suhu udara secara umum sekitar 17-18 derajat Celcius..

Sesuai namanya Curug Tujuh terdiri dari tujuh buah air terjun yang lokasinya berjejer dengan Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh. Konon diantara curug tersebut mengalirkan air yang berkhasiat menyembuhkan penyakit seperti penyakit kulit, encok, rematik dan pegal linu. Dan airnya tidak pernah surut sekalipun musim kemarau, dimana air yang mengalir berasal dari gunung Sawal.

Objek wisata ini terletak di km Kecamatan Desa Panjalu Sandingtaman 35 dari Kota Ciamis utara merah Kea. Untuk mencapai objek wisata ini dapat menggunakan empat roda atau dua roda atau “sepeda gunung” untuk sepeda hobi olahraga. Bagi anda yang membutuhkan transportasi umum, Anda bisa naik dari terminal Ciamis jurusan Kawali Panjalu, atau langsung dari Bandung melalui jurusan Panjalu Ciamis.

Tranportasi menuju Wana Wisata Curug Tujuh cukup mudah untuk dijangkau dari beberapa lokasi diantaranya:

  1. Dari lokasi Kecamatan Panjalu dengan jarak 5 km
  2. Dari lokasi Kecamatan Kawali dengan jarak 12 km
  3. Dari lokasi Kabupaten Ciamis dengan jarak 31 km
  4. Dari lokasi Kabupaten Tasikmalaya dengan jarak 50 km
  5. Dari lokasi Kabupaten Bandung dengan jarak 112 km

Flora dan Fauna

Para pengunjung dapat melihat dan menemui binatang-binatang dan tumbuhan liar di sekitar hutan kaki Gunung Sawal tempat Curug Tujuh berada. Fauna yang terdapat di kawasan wisata Curug Tujuh diantaranya lutung, babi rusa, macan tutul, monyet, rusa, dan fauna liar lainnya.

 Berbagai tumbuhan liar penghuni asli hutan pun tumbuh secara terlindungi, diantaranya ada pohon karet, cangkring, mahoni, sayuran-sayuran dan berbagai tumbuhan liar lainnya.

Akomodasi

Curug tujuh menyediakan berbagai akomodasi dan fasilitas untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam, diantaranya:

  1. Loket karcis
  2. Papan petunjuk
  3. MCK 2 buah
  4. Bangku istirahat
  5. Tempat sampah
  6. Saung lesehan
  7. Mushola
  8. Camping Ground
  9. Jalan setapak
  10. Kolam ikan
  11. Papan informasi
  12. Tiket masuk seharga Rp 5000/ orang
  13. Kios makanan ringan dan liwet dadakan dengan harga yang terjangkau

www.curugtujuh.com

About these ads

, , , , ,

  1. #1 by muslimin on 7 November 2011 - 17:55

    apakan curug 7 itu tmpat’y msih asri?
    saya mkin pnasaran dgn crug 7?

    • #2 by zahra on 25 Desember 2011 - 22:08

      muhun atuh tempat yang asri pisan cobian gera.kade niatna kango tafakur

  2. #3 by anak fu on 25 Desember 2011 - 08:04

    insya alloh anak anak faatihul ulum diantaranya mita iim nyai mila dkk akan wisata ke curug tujuh tgl 31 hari sabtu smoga bermanfaat buat tafakur alam

  3. #4 by sofyan hardiyono on 14 Agustus 2012 - 23:31

    sayang informasi koordinat GPS belum di cantumkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: