Wisata Alam Cipanas ( Sukabumi )

Wilayah Cisolok bukan hanya menawarkan obyek wisata pemandangan laut nan indah yang membentang dari Palabuhan Ratu. Akan tetapi masih ada ragam obyek wisata lain yang menarik dikunjungi. Salah satunya, pemandian air panas Cipanas, yang terletak di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi yang berjarak sekitar 20 km arah barat Pelabuhan Ratu, ibukota Kabupaten Sukabumi.Mengunjungi kawasan wisataTeluk Pelabuhan Ratu tak akan lengkap kalau tak mampir ke pemandian air panas. Jika Anda sedang beruntung, dapat menyaksikan perimata khusus, yaitu kera dan lutung yang bergelantungan di pohon-pohon di sekeliling lokasi pemandian air panas itu.

Kelebihan pemandian air Cipanas yang sangat dinikmati pengunjungyakni keindahan air mancur (Geisure) yang mengandung Sulfur atau Belerang di tengah-tengah Kali Beser/Cisolok,” ujar salah seorang petugas/ pelaksana pemandian Cipanas, Muhidin. Air panas tersebut memancar dengan tekanan yang cukup tinggi dari dalam tanah yang terletak di tengah-tengah sungai kecil. Timbunan batu nampak mengitari tiap semburan air panas ini, sehingga keluar lebih terarah dan menghasilkan pancaran air yang lebih tinggi. “Jumlah mata air mancur lebih dari tujuh titik,” katanya.

MEMASAK TELUR

Air mancur itu digunakan sejumlah pengunjung untuk mandi. Air belerang yang dihasilkan dari mata air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit semacam gatal-gatal dan eksim. Tak jarang pula,beberapa pengunjung yang membeli telur dari penjaja sekitar lokasi dan memasak telur tersebut dengan merendamnya secara langsung ke dalam sungai yang dalam waktu relatif singkat siap disantap.

“Kami juga menyediakan bak penampung yang suhunya mencapai 100 derajat lebih yang bisa digunakan pengunjung untuk sekedar mencoba memasak telur Hanya dalam tempo r, menit dijamin sudah matang dan siap disantap,” ujarnya. Bila malu berendam di tempat terbuka (sungai), disediakan pula tempat berendam khusus untuk berenang dengan tarif Rp2.000 untuk orang dewasa dan Rp l.000 untuk anak-anak.

Selain itu, terdapat juga fasilitas kamar terapi yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit selain penyakitkulit, seperti rematil urat hingga stroke. “Cara pengobatannya, tubuh pengunjung dari kepala hingga kaki disemprot dengan air panas di bawah 40 derajat oleh petugas yang sudah ahli. Lamanya waktu terapi tergantung permintaan pengunjung.

Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp30 ribu saja,” terangnya. Pemandian air Cipanas ini, dikelola Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sukabumi. Luas wilayah pemandian ini yang dikelola Dinas sekitar 3.000 meter. Pengunjung hanya dibebani biaya masuk ke tempat obyek wisata Pemandian dengan tarif Rp2.000. Tempat wisata ini dibuka dari mulai pukul 0800 pagi hingga 1800 sore hari.

Letaknya yang dekat dengan Pelabuhan Ratu (Cuma berjarak 15 kilometer) membuat pemandian ini menjadi tempat singgah yang nyaman bagi pengunjung daerah Pelabuhan Ratu.

Sumber air panas Cisolok tergolong unik, karena berada di daerah pantai dan bukannya pegunungan. Ketika Anda sampai di daerah sumber air panas Cisolok, Anda kemudian akan melewati jembatan. Di bawah jembatan ini Anda dapat menyaksikan sungai yang berarus sangat deras. Kemudian Anda akan bertemu muka dengan sebuah sungai lain, yang jauh lebih indah. Kabut putih menyelimuti sungai ini. Di tengah-tengahnya, air panas (sekitar 80 Celcius) menyembur dengan deras. Ada tiga semburan air di sini. Air di Cisolok tidak mengandung belerang sama sekalikarena air panas di sini berasal dari geyserair panas yang melewati lapisan kerak bumi. Sungguh sebuah fenomena yang luar biasa.

Cara Mencapai Daerah Ini
Dengan cara menyewa mobil.

Tempat Menginap
Di penginapan atau hotel di wilayah Pelabuhan Ratu.

Berkeliling
Nikmati suasana menyegarkan ini sambil melatih otot kaki Anda.

Tempat Bersantap
Rasa lapar dan haus dapat dihilangkan di daerah Pelabuhan Ratu.

Buah Tangan
Sama dengan yang dapat diperoleh di wilayah Pelabuhan Ratu.

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan

Berendam di sungai atau kolam khusus yang sudah tersedia.
Berkeliling untuk menikmati fenomena alam yang langka ini.

Tips

Bawalah baju ganti juga baju renang Anda.
Apabila Anda memutuskan untuk berendam di sungai, berhati-hatilah untuk tidak berendam terlalu dengan dengan geyser. Dengan biaya yang relatif murah, Anda dapat berendam di kolam air hangat yang tersedia, tanpa khawatir kulit Anda akan melepuh.

www.griyawisata.com
www.jabarprov.go.id

About these ads

, , ,

  1. #1 by Padi City Resort on 9 April 2013 - 14:00

    Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)

  2. #2 by Bromo Travelling on 9 April 2013 - 14:02

    artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

  3. #3 by Tempat Wisata Garut on 30 Mei 2013 - 11:56

    WOW just what I was searching for. Came here by searching for Wisata Garut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: