Curug Cimahi

Curug Cimahi adalah sebuah air terjun yang terdapat diantara perbatasan antara Kota Bandung dan Kota Cimahi. Curug Cimahi nama air terjun tersebut. Curug Cimahi berasal dari kata curug (bahasa Sunda) yang berarti air terjun. Sedangkan kata Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang.

Obyek wisata ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1978, dengan menempati area seluas 2 hektar dan merupakan obyek wisata air terjun tertinggi di antara air terjun lainnya di Bandung, dengan ketinggian sekitar 85 meter.

Menurut cerita yang berkembang dalam masyarakat setempat, menadahkan badan di bawah siraman air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, terapi kesehatan, dan pembangkit aura. Sebab, air terjun tersebut memancarkan aura positif yang akan membantu meningkatkan energi tubuh dan memacu proses kesembuhan.

Lokasi Curug Cimahi sendiri cukup mudah untuk dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pintu masuk Curug Cimahi teletak tepat pada sebuah terminal angkot, sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya. Terdapat tempat parkir motor maupun mobil bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Jalan menuju Curug Cimahi cukup curam yang berupa tangga yang cukup lumayan jauh dapat memakan waktu 10 menit.

Pada gambar disamping hanya ditunjukan beberapa anak tangga saja pada kenyataan masih terdapat berbagai anak tangga lainnya menuju ke Curug.

Pada saat perjalanan menuju kebawah lembah kita sudah dapat menikmati keindahan Curug Cimahi.

Jika anda beruntung anda akan menemukan kehidupan alam liar yang terdapat di daerah Curug Cimahi. Banyak monyet yang bermukim di sekitar hutan yang mengelilingi Curug Cimahi. Tetapi anda harus berhati-hati dan tidak memberikan makanan karena dikhawatirkan monyet-monyet tersebut akan merebut makanan anda.

Selain itu pada saat perjalanan menuju Curug kita dapat menikmati indahnya pemandangan bebatuan yang terdapat disekitar Curug. Anda pun dapat bermain dengan air bersih yang mengalir di dinding tebing seperti mata air.

Sampailah kita di dasar lembah Curug Cimahi yang sangat indah. Kita dapat bermain air di aliran Curug Cimahi karena air yang terdapat di sana sangatlah bersih. Bahkan beberapa pengunjung memberanikan diri untuk berenang di sana. Curug Cimahi sangatlah tinggi berbeda sekali dengan beberapa air terjun yang pernah saya singgahi.

Saran saya jika mengujungi Curug Cimahi adalah jangan pergi ke Curug Cimahi pada musim hujan karena jalan menuju situs sangat licin. Usahakan sampai di situs dibawah jam 12 siang agar tidak pulang terlalu sore karena ketika pulang kita harus menaiki tangga yang cukup tinggi dan memakan tenaga. Siapkan fisik dan mental jika tidak anda akan mudah untuk turun ke bawah tetapi sulit untuk pulang ke atas. Jika anda tidak mau masuk angin karena cipratan air curug sebaikya membawa baju ganti.

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: