Sumber Air Panas Ciwalini

Daerah Ciwidey sangat kaya dengan sumber air panas alami. Salah satunya adalah Sumber Air Panas Ciwalini yang juga memanfaatkan melimpahnya sumber mata air panas alam. Kolam renang ini berada di lingkungan perkebunan teh Walini yang sejuk.Dari Bandung, Jawa Barat, kawasan itu berjarak sekitar 35 kilometer. Terletak di kaki Gunung Patuha, di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, obyek wisata ini cukup sejuk serta menyajikan pemandangan alam yang indah dan eksotik.
Wisata air Ciwalini merupakan wisata airpanas dengan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang disediakan disana diantaranya adalah, toilet, tempat parkir yang cukup luas, beberapa kolam air panas dengan kedalaman yang berbeda, saung-saung, foodcourt, tempat berendam pribadi, dan beberapa fasilitas lainnya. Setiap hari libur, kawasan ini selalu di penuhi oleh para wisatawan yang ingin merasakan air panas alam dengan pemandangan yang indah, dan hawa yang sejuk. Para wisatawan yang datang tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan dari luar kota.

Selain sebagai wahana wisata air, di Ciwalini juga menyediakan berbagai jenis permainan, diantaranya adalah motor ATV, flying fox, waterboom, dan ada beberapa permainan lainnya.

Kerimbunan perdu teh yang mengelilingi Ciwalini menjadikan kawasan wisata ini terasa lengkap sebagai wisata alam yang menarik di Bandung Selatan, tepatnya masuk dalam wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung. Sumber air panas di sini berasal dari Gunung Patuha. Oleh pemerintah daerah setempat, kawasan ini sudah ditetapkan sebagai tujuan wisata. Perkebunan teh di wilayah ini merupakan perkebunan teh hitam, yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII. Teh hitam Walini memiliki aroma dan rasa yang khas serta kualitasnya baik.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


http://disparbud.jabarprov.go.id

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: