Green Canyon (Cukang Taneuh)

Areal ekowisata Cukang Taneuh atau yang lebih dikenal dengan Green Canyon merupakan salah satu kawasan kebanggaan wisata dari Kabupaten Ciamis. Dari sejarahnya, kawasan ekowisata ini terbentuk dari kesepakatan masyarakat setempat yang menginginkan daerah Cukang Taneuh tetap terpelihara dengan alami dan asri, tidak berkembang secara masal dan tidak terkendali seperti di objek-objek wisata yang ada di daerah lain.

Ekowisata green canyon ini merupakan sebuah kawasan ekowisata yang tertata bersih dan rapih serta sangat indah. Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di daerah ini seperti treking, camping, canoing dll. Kebersihan sungai yang terjaga, pemandangan yang memukau di kiri dan kanan perjalanan sungai membuat kawsaan ekowisata Cukang Taneuh ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Ciamis.

Melalui bimbingan dari Dinas Pariwisata Propinsi Jawa Barat  serta adanya tokoh lokal yang dengan tekun  membina masyarakat di empat desa yang menjadi wilayah ekowisata, dimulailah kegiatan ekowisata Cukang Taneuh sebagai paket wisata alternatif atau minat khusus dengan menggunakan prinsip menjual dengan cara melestarikan. Hal ini didukung dengan adanya minat atau permintaan yang tinggi terutama wisatawan asing yang  ingin mengadakan penelusuran lebih jauh pada sungai Cijulang yang memiliki daya tarik utama jembatan alam batu gamping  yang melintang di atas sungai Cijulang, yang oleh masyarakat setempat dinamai Cukang Taneuh.

Terletak di sungai Cijulang secara administratif termasuk wilayah Desa Karang Paci, Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis. Dalam peta jalur wisata Jawa Barat Bagian Selatan, Cukang Taneuh terletak pada jalur Bandung – Tasikmalaya – Cipatujah – Pangandaran – Bandung. Untuk mencapai lokasi  diperlukan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan mobil dari ibu kota Kabupaten Ciamis menempuh jarak sekitar 90 km ke arah Barat melewati Pangandaran, Parigi dan Cijulang. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu bermesin menuju Palatar yang juga merupakan zona alternatif penerimaan wisatawan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis
Jl. Mr. Iwa Kusuma Sumantri No. 14 Ciamis Tlp. 0265 – 771421

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

http://disparbud.jabarprov.go.id

  1. #1 by softnetindo on 7 Juni 2011 - 14:55

    bos minta rute’a donk dari karawang ke green canyon via tol dan rute touring jg

    • #2 by alampriangan on 7 Juni 2011 - 15:53

      kalau jalur daerah karawang, sy kurang tahu, intinya coba dari karawang lewat tol tujuan bandung, keluar di pintu tol cileunyi, lanjut ke arah Ciamis, trus ke pangandaran

  2. #3 by BAim on 12 Agustus 2012 - 19:34

    kepada pengurus green canyon,kami dari the sireum community,2 hari setelah lebaran idul fitri akan berkunjung ke sana tolong di infokan data harga tiket plus penginapan,kalau bisa kirim juga nmr telpon yang bisa di hubungi di sana……?????
    Terima Kasih Sebelumnya……..

  3. #4 by winnymarch on 6 Mei 2014 - 10:54

    mei ini mau kesana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: