Pantai Ujung Genteng ( Sukabumi )

Untuk warga Sukabumi dan sekitarnya nama Ujung Genteng sudah bukan hal yang asing lagi. Hal ini di karenakan Ujung Genteng merupakan tempat wisata yang sudah sangat terkenal bahkan sampai keluar wilayah Jawa Barat. Tidak sedikit wisatawan yang datang dari luar wilayah Kabupaten Sukabumi seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan sebagainya. Biasanya para wisatawan datang berombongan dengan menggunakan kendaraan sepeda motor (touring).

Kebiasaan ini bukanlah tanpa sebab. Sebagian besar wisatawan lokal lebih memilih berkunjung ke Ujung Genteng dengan bersepeda motor karena sepanjang perjalanan menuju tempat wisata ini melewati tempat-tempat yang memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Route Sukabumi, Palabuhanratu, Cigaru merupakan route favorit bagi rombongan touring wisata ini. Dari Cisarakan kita dapat memandang panorama alam yang luar biasa, dimana hamparan pesisir pantai Palabuanratu dapat terlihat dengan jelas.

Ujung genteng sendiri sebetulnya termasuk wilayah Kecamatan Ciracap, tapi nama Ujung Genteng lebih lekat dengan nama sebuah kota kecil yaitu Surade dengan koordinat 7°22,406’S 106°24,049’E. Hal ini merupakan suatu hal yang wajar karena Surade adalah tempat transit bagi wisatawan yang berkunjung ke Ujung Genteng dengan menggunakan angkutan umum. Disamping itu sarana kendaraan angkutan umum juga lebih banyak dijumpai di Surade. Dari Surade wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju pantai Ujung Genteng dengan menggunakan kendaraan umum yang lebih kecil yang biasa disebut “unyil” oleh masyarakat setempat.

Perjalanan menuju Ujung Genteng melewati beberapa tempat wisata yang cukup menarik Curug (air terjun) Cikaso merupakan curug yang unik karena memiliki tiga air terjun. Untuk mencapai lokasi ini kita harus menyewa perahu seharga Rp. 50.000, sebuah harga yang terlalu mahal karena jarak tempuh dari tempat penyewaan ke lokasi air terjun yang sebetulnya sangat dekat. Akan tetapi harga sedemikian bukanlah persoalan karena sepanjang perjalanan menuju lokasi curug Cikaso pemandangannya cukup indah.

Disamping itu, perjalanan menuju pantai Ujung Genteng juga melewati sebuah tempat wisata yang menarik karena memiliki panorama yang mirip dengan panorama Tanah Lot di pulau Bali. Tempat itu bernama pantai Amanda Ratu yang sering disebut pula sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. Di tempat ini terdapat sebuah villa yang bernama Villa Amanda Ratu. Villa Amanda Ratu memiliki sarana yang sangat memadai sebagai tempat peristirahatan. Terdapatnya kolam renang, suasana kamar yang nyaman dan lingkungan yang asri membuat villa Amanda Ratu ramai dikunjungi wisatawan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

http://disparbud.jabarprov.go.id

, , , ,

  1. #1 by Reni kusmiati on 25 November 2011 - 20:22

    Pesisir pantai ujung genteng TOP,menyenangkan.pasir putih bersih,ombaknya bikin happy klo gi renang.Siip deh

  2. #2 by lilik fahrudin on 28 Desember 2011 - 11:25

    very good, sudah sepantasnya kita mencintai daerah wisata lokal yang masih alami

    • #3 by alampriangan on 28 Desember 2011 - 12:36

      dan pastinya kita jaga juga kelestarian lingkungan dan kebersihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: