Kebun Binatang Bandung

Dilihat dari segi lokasi, kebun binatang Bandung ini terletak di tempat yang cukup strategis yaitu di tengah kota Bandung yang berdampingan dengan kampus ITB dan sungai Cikapundung. Menempati luas lahan 13,5 ha yang topografisnya bergelombang dengan 18,25% untuk areal perkandangan, 55,20% untuk pertamanan dan lesehan, 4,7% untuk taman ria dan kolam perahu dan 2,4% untuk pengolahan sampah. Sisanya berbentuk bangunan kantor, museum aquarium dan jalan.

Jumlah jenis satwa yang menjadi koleksi kebun binatang Bandung mencapai sekitar 213 jenis yang terdiri dari 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi berasal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Penambahan koleksi satwa ini terus diupayakan baik yang memiliki nilai konservasi maupun memiliki nilai estetis yang menarik bagi pengunjung khususnya satwa yang berasal dari Indonesia.

Jenis tanaman yang ada berjumlah sekitar 95 jenis, yang terdiri dari 986 tegakan meliputi 226 batang berupa tanaman hias dan 760 batang berupa pohon pelindung. Tanaman yang tumbuh di area kebun selain berfungsi sebagai pelindung bagi satwa dari sengatan sinar matahari dan angin, juga melindungi tanah dari air hujan serta menjadi daerah yang berfungsi sebagai paru-paru kota Bandung.

Kebun Binatang Bandung terletak di kawasan Taman Sari tepatnya di Jl. Kebun Binatang No. 6 

Jalur Transportasi ke Objek Wisata Ini:

Dapat di capai dengan angkutan umum jurusan Kebon kalapa-dago, cicaheum-dago, cicaheum-ciroyom, panghegar-dipatiukur, cisitu-tegalega, caringin-sadangserang, dago-caringin.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

http://disparbud.jabarprov.go.id/

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: