Tabir Misteri Gunung Padang

Gunung Padang termasuk jenis situs Punden Berundak. Punden berasal dari kosakata Jawa, secara harfiah bermakna “terhormat”. Sedangkan Berundak berarti “bertingkat”

Adalah Gunung Padang, sebuah bukit kecil yang berdiri memancang bumi pada koordinat 6°57’ LS – 107°1’ BT, sekitar 50 Km sebelah Barat Daya Kota Cianjur. Tepatnya di Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Di puncak bukit ini berdiri sebuah situs megalithic yang telah menyita perhatian peneliti dari berbagai instansi sejak penemuannya tahun 1979 lalu. Situs Megalithic Punden Berundak Gunung Padang, sebuah situs yang masih menyembunyikan rahasia besar tentang kisah kehidupan masa lalu para pendahulu kita.

Situs ini sebenarnya pernah di catat oleh N.J. Krom dalam bukunya “rapporten van den oudhei kundingen dients in nederlandsch-indie 1914.” Namun tidak dilanjutkan dengan riset mendalam setelah itu, hingga akhirnya informasi tersebut terlupakan.

Pada tahun 1979 berita tentang situs Gunung Padang mencuat lagi setelah adanya laporan dari 3 orang penduduk sekitar Gunung Padang. Mereka adalah Endi, Soma dan Abidin yang telah melaporkan ke penilik kebudayaan Kecamatan Campaka.

Sejak itulah kemudian berturut-turut dilakukaan pemetaan, penggambaran, dan deskripsi. Baik oleh DP3SP yang sekarang bernama Direktorat Sejarah dan Purbakala, Pusat Pengembangan Arkeologi Nasional yang sekarang bernama Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional, dan kemudian di lanjutkan oleh Disbudpar Provinsi Jabar (2001), Balai Arkeologi Bandung (2002,2004,2005), dan Bandung FE Institute (2008).

Situs megalitik punden berundak Gunung Padang ini terletak memanjang ke arah Tenggara Barat Laut pada ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya ada di puncak bukit, untuk naik ke situs ini, kita harus  menaiki ratusan anak tangga dari batu yang sangat curam dengan tinggi sekitar 75 meter dan panjangnya lebih kurang 150 meter.

Situs ini terdiri atas lima teras (tingkatan) dan memiliki luas yang berukuran raksasa, jika di bandingkan dengan situs punden berundak lain di dunia, yaitu 3132,15 m2. Bangunannya menghadap ke arah jurusan 3350, mulai dari teras pertama hingga teras kelima. Secara arsitektural ketinggian bangunan meningkat, mulai dari teras satu ke teras kelima.

Situs Gunung Padang (sumber : Omega Wisatama)

Situs Gunung Padang ( sumber : Omega Wisatama )

sumber : ronanusantara

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: