Colenak

Colenak adalah singkatan dicocol enak (bahasa sunda),merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Makanan khas Bandung yang masih bertahan meski saat ini agak jarang yang menjualnya. Karena kandungan gula di dalam tape maka tape tersebut mudah gosong, meski ini adalah bagian yang terenak bagi beberapa orang.

Salah satu colenak ternama di Bandung , namanya Colenak Murdi.
Nama merk jajanan ini berasal dari nama sang pedagang yang menjajakan colenak pertama kali di Indonesia, tepatnya kota Bandung. nama beliau adalah Murdi. Konon katanya Pak Murdi ini sudah berjualan colenak sejak tahun 1930-an dimana tanah air kita ini masih dijajah oleh Belanda. Awalnya nama penganan khas Sunda ini bukan colenak , pertamanya Almarhum Pak Murdi ini menamainya peuyeum digulaan namun akhirnya bergantilah namanya menjadi colenak (dicocol enak) sesuai permintaan para pelanggan dari jajanan karya Pak Murdi ini.

Akhirnya Pak Murdi mulai merintis usaha colenak ini di Jalan Ahmad Yani nomor 733 (dekat dengan terminal bus Cicaheum) Bandung, yang sampai detik ini masih tetap bertahan, menjadi sebuah penganan jadul yang masih eksis di dunia kuliner Bandung di antara berjubelnya cemilan-cemilan baru inovatif lainnya di seantero kota. Nama merk dagang yang digunakan adalah Murdi Putra. Sampai akhirnya usaha tersebut dikelola oleh sang anak dan cucu dari Pak Murdi ini, colenak Murdi Putra tetap menjadi sebuah jajanan yang “megang” Bandung banget. Gosipnya sih resep turun temurun dari colenak Murdi ini yang membuatnya tak pernah kehilangan kualitas dari cita rasa penganan ini.

Rasa colenak yang semula hanya dihiasi oleh tape singkong yang dipotong dadu kecil-kecil dan gula cair dengan rasa unik , sekarang telah berkembang pesat. Sekarang nih tersedia juga rasa lain, seperti rasa nangka dan durian.

http://id.wikipedia.org/
http://www.bandungreview.com/

, , , ,

  1. #1 by busana muslim terkini on 1 Oktober 2014 - 13:40

    dicocol enak… colenak murdi emang raos, terkenal sejak jaman bapak sy dlu…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: